Surya Tjandra: PARPOL HARUS MINTA MAAF

posted in: #Social, #Spiritual | 0

MALANG – Keprihatinan seluruh unsur masyarakat pasca ditetapkannya 22 tersangka baru anggota DPRD Kota Malang dalam kasus dugaan suap muncul dari salah seorang politisi PSI, Surya Tjandra. Hal ini menjadi refleksi wajah perpolitikan di Kota Malang.

“Saya prihatin dengan rendahnya integritas pejabat publik di Kota Malang,” papar kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) kepada Malang Post.

Pasca KPK resmi menahan 22 anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka kasus suap pembahasan P-APBD 2015, ia menegaskan kejadian ini dapat mencoreng wajah Pemerintahan Kota Malang. Marwah pemerintahan di Kota Malang akan merosot.

Ditambah lagi tidak hanya anggota legislatif yang ditahan, kasus ini menyeret pula pejabat eksekutif Kota Malang.

“Saya khawatir kasus korupsi membuat publik Malang sulit percaya kepada pemerintahan yang ada. Publik akan mempertanyakan apa pentingnya ikut Pilkada dan pemilu jika yang terpilih adalah pejabat publik yang tidak amanah,” papar alumnus Universitas Leiden, Belanda
Surya meminta partai politik yang mengusung kepala daerah di Kota Malang dan anggota DPRD jangan lepas tangan begitu saja. Partai politik harus bertanggungjawab.

Ia menegaskakan partai politik harus minta maaf dan mulai serius melakukan evaluasi rekrutmen calon kepala daerah dan calon anggota dewan jika ingin mendapatkan kembali kepercayaan masyarakat.

“Budaya politik lama yang mengusung kandidat hanya karena besarnya mahar yang disetorkan harus ditinggalkan partai politik. Sebaliknya, partai politik harus berani menyodorkan nama yang punya rekam jejak yang bersih dan profesional untuk diusung menjadi pejabat publik,” pungkas pria asal Jakarta ini. (ica/sir/aim)

Tulisan ini telah dimuat sebelumnya di: https://malang-post.com/berita/kota-malang/surya-tjandra-parpol-harus-minta-maaf

#SuryaTjandra #DPRDKotaMalang #Korupsi #PSInomor11 #ME11ANG #NgalamBois

Leave a Reply