Surya Tjandra Hadiri FESTIVAL BUDAYA GENDANG PURNAMA GANESHA

posted in: #Cultural, #Ngalambois | 0

Untuk ketiga kalinya Gendang Purnama Ganesha digelar di Desa Karangkates, kabupaten Malang. Ini adalah acara tahunan festival budaya warga sekaligus mempromosikan situs arkeologi arca Ganesha berdiri yang ada di desa tersebut.

Pada hari Minggu (5/8) digelar jalan sehat kebudayaan, sekaligus membuka festival budaya yang akan berlangsung selama enam hari. Pada Selasa (7/8) akan diadakan sarasehan budaya dengan tema “Kampungku Lumbung Ideku”.

“Sarasehan kebudayaan ini untuk menggali kearifan lokal untuk bisa didayagunakan sebagai sarana mengangkat ekonomi kreatif masyarakat, dan mempertahankan seni tradisi yang ada,” jelas April Suprayogi, sekretaris panitia Gendang Purnama Ganesha.

Surya Tjandra politisi dan caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dapil Malang Raya yang ikut hadir pada pembukaan menyatakan dukungannya untuk kegiatan ini.

“Saya mengapresiasi inisiatif kreatif warga Karangkates ini, banyak hal positif dihasilkan. Salah satu yang penting adalah muncul talenta-talenta warga terhadap seni dan budaya.,” jelas Surya.

Kegiatan ini juga menjadi sumber pendapatan alternatif bagi warga, dan bermanfaat secara sosial ekonomi seiring banyaknya warga juga dari desa lain menghadiri perhelatan ini.

“Malang Raya ini menghadapi masalah besar terkait pengangguran muda dan kesejahteraan warga. Upaya yang dilalukan warga Karangkates ini bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain untuk mulai keluar dari masalah tersebut,”

“Kami senang sekali kalau bisa terlibat,” tegas Surya, di sela-sela riuh suara warga yang bernyanyi dan menari di Taman Ganesha Bhakti Pertiwi tepat di sebelah situs.

Untuk sarasehan budaya Selasa akan hadir pembicara antara lain arkeolog Dwi Cahyono dosen Universitas Negeri Malang, Ki Demang budayawan Kampung Budaya Polowijen, Kang Redi Eko Prasetyo penggagas Kampung Cempluk dan Presiden Jaringan Kampung Nusantara, mbah Yongky Irawan budayawan Kampung Padepokan, dan Ki Anung Sunarto Timur spiritualis nusantara.

#suryatjandra
#PSIno11
#ngalambois

Leave a Reply