SURYA TJANDRA CENTRE mengelar REMBUG RAKYAT MALANG RAYA.

posted in: #Cultural, #Ngalambois, #Social | 0

SURYA TJANDRA CENTRE mengelar REMBUG RAKYAT MALANG RAYA.

(Penguatan stakeholder Rakyat Malang Raya #GERAKAN MORAL NUSANTARA#MALANG DARI NOL)

Malang Raya secara administratif dibagi menjadi tiga: kabupaten Malang, kota Malang, dan kota Batu.
Meski relatif masih lebih baik dibanding jumlah warga Malang Raya yang tertinggal secara ekonomi maupun kesejahteraan.

Ketimpangan sosial masih amat terasa di mana ada warga kampung yang masih menghadapi berbagai kesulitan hidup (biasa ditandai dengan banyaknya warga yang menjadi buruh migran ke luar negeri), angka pengangguran khususnya pada kaum muda relatif tinggi, perhatian yang kurang pada kelompok rentan seperti difabel, kota yang tampak tidak terurus meski dikenal sebagai kota wisata, korupsi anggota DPRD-nya yang menghabiskan hampir seluruh anggotanya, dsb.

Momentum GERAKAN MORAL NUSATARA#MALANG DARI NOL, kiranya menjadi momentum juga bagi STC membangun monumen pembaharuan di wilayah Malang Raya. Bahkan bagi kami, bukan dari nol jika boleh jujur! Mulai dari minus! Karena banyak potensi yg tidak tergarap optimal. Butuh kerja keras, sinergi berbagai bidang dan pengelolaan rasa yang pas, sehingga tidak terjebak pada fatamorgana kesepakatan2 kemajuan lahiriah saja, namun bisa membangun kekuatan emosional tanpa batas spt yng ditunjukkan sebagai AREMANIA

Masalah pokok adalah belum adanya mimpi bersama yang merangkai seluruh potensi Malang Raya. Semua sektor berjalan berdasar mimpi mimpinya sendiri.

Surya Tjandra Centre, telah membangun komunikasi dengan stakeholder Malang Raya. Memang masih belum seluruhnya dijangkau namun beberapa kunci siap diajak membangun kembali Malang Raya. Mulai dari program pertanian Hidroganik, pengelolaan sumber dan aliran air, ekonomi kreatif, budaya jaranan dan musik asli Malang sampai dengan program kampung tematik. Kemasan yang digunakan adalah memanfaatkan era teknologi informasi dengan mempopulerkan potensi melalui digital marketing bersama denganlembaga keuangan mikro untuk meningkatkan kecerdasan financial masyarakat.

Gerakan ini mewujud melalui sebuah istilah walikan khas Malang #NgalamBois, yang berarti “Malang Bagus”.

Berangkat dari berbagai tantangan dan harapan di atas, sekaligus menjadi ajang silaturahmi seluruh kalangan yang pernah berinteraksi dengan Surya Tjandra Centre, maka digelarlah kegiatan Rembug Rakyat Malang Raya yang bertajuk “Malang Raya Menuju#NgalamBois”. bertujuan menjadi ajang silaturahmi Surya Tjandra Centre dengan komunitas warga Malang Raya, guna membangun sinergi dan jejaring warga Malang Raya untuk bisa saling belajar dan saling dukung.

Mendorong partisipasi warga Malang Raya untuk meningkatkan kesejahteraan melalui berbagai upaya kreatif warga dan pemanfaatan dana publik termasuk dana aspirasi.

Dana aspirasi yang dimiliki setiap anggota DPR RI senilai 2 milyar pertahun ini tentu sangat bermanfaat menjadi modal penguatan dan pengembangan kearifan lokal. Jika dibandingkan dengan luasan wilayah Malang Raya mungkin sana tersebut belumlah mengcover seluruh kebutuhan masyarakat

Meka perlu mekanisme yang terstruktur, masih dan sistemik untuk mengoptimalkan dana aspirasi tersebut. Maka pada kesempatan rwmbug rakyat Malang Raya tersebut, kami, Surya Tjandra Centre akan membedah potensi Malang raya melalui tokoh tokoh di semua bidang.

Berbekal potensi inilah akan disusun program komprehensif yang nantinya sebagai serapan dana aspirasi ketika kesempatan itu diberikan kepada Surya Tjandra, pembina Surya Tjandra Centre, yang kini sedang mempersiapkan pencalonannya melalui Partai Solidaritas Indonesia mewakili dapil V Jawa Timur, Malang Raya.

Rembug Rakyat Malang Raya akan digelar hari Jumat dan Sabtu, tanggal 5 dan 6 oktober 2018, bertempat di Wisma Jasa Tirta, Karang Kates. Pesertanya adalah perwakilan komunitas komunitas spiritual, ekologis/pertanian, sosial dan budaya di wilayah Malang Raya.

Program kerja antar-warga Malang Raya bersama Surya Tjandra Centre untuk tahun 2019 dengan fokus kegiatan pada penguatan kapasitas ekologis, sosial, dan budaya warga Malang Raya yang selaras dengan spiritualitas Arema “tidak kemana mana tapi ada di mana mana”

Ini gerakan moral sekaligus sosial yang kami bangun. Tentu tidak mudah, tapi keyakinan akan harapan lebih baik bersama meningkatnya solidaritas diantara stakeholder Malang Raya, dan dengan munculnya gerakan moral nusantara#MALANG DARI NOL, semua misi perubahan di Malang Raya akan terjadi.

#suryatjandra
#suryatjandracentre
#psi no 11
#ngalambois

Leave a Reply