SERIUS MEMBERANTAS KORUPSI, Jokowi Terbitkan Peraturan Pemerintah (PP)

posted in: #Social | 0

Beruntung indonesia memiliki presiden seperti Joko Widodo. Hari ini beliau menandatangani Peraturan pemerintah tentang pelapor kasus korupsi.

Sebagai penggiat anti korupsi saya mengapresiasi langkah presiden Jokowi. Ini membuktikan beliau serius menanggani kasus korupsi yang sudah menjadi budaya pejabat.

Baca: Jokowi Teken PP, Pelapor Kasus Korupsi Bisa Dapat Rp 200 Juta

Mengapa perlu memberikan apresiasi kepada masyarakat yang memberikan keterangan atau informasi perihal penyalahgunaan anggaran? Jawabannya adalah karena masyarakat sebagai penerima manfaat penggunaan anggaran selama ini bukan tidak tahu adanya praktek korupsi. Masyarakat memilih untuk tidak terlibat dengan alasan bukan urusam mereka.

Hari ini pola pikir kita diuji. Masihkan kita tetap memberi toleransi pada budaya koruptif? setelah hampir semua kini penyelenggara negara, baik itu legislatif, eksekutif bahkan yudikatif tersangkut kasus korupsi.

Penghargaan dalam bentuk uang ini hanya menjadi pintu masuk yang diberikan oleh Presiden sebagai kepala pemerintahan. Jika kita semua tergerak untuk melaporkan kasus kasus yang diduga mengandung unsur penyalahgunaan anggara ada hadiah lebih besar menanti.

Hadiah itu adalah terciptanya “the good and clean goverment”. Pemerintahan yang bersih dan sehat yang menjadi cita cita kita semua.

Kabupaten Malang menyusul kota Batu dan Kota Malang, hari ini bupatinya ditetapkan sebagai tersangka KPK. Tentu ini tamparan yang memalukan. Namun kasus kabupaten Malang menjadi prestas sendiri karena informasi yang menjadi dasar penetapan KPK adalah laporan masyarakat.

Malang raya boleh berduka. Namun bukan sikap orang malang untuk Menyerah. Mari kita niatkan perang melawan korupsi demi terwujudnya Ngalambois.

Salam
SURYA TJANDRA
Caleg DPR RI dapil Jatim V, Malang Raya
Partai Solidaritas Indonesia

Leave a Reply