Relawan BPJS : LANGKAH JELAS dan CERDAS peningkatan kesadaran kesehatan masyarakat

posted in: #Cultural, #Social | 0

BPJS Kesehatan adalah sebuah sistem yang dibuat untuk meningkatkan layanan kesehatan agar masyatakat semakin sadar untuk hidup sehat. Melalui BPJS, kesehatan masyarakat semakin meningkat dan berdampak pada produktivitas kerjanya. Itulah inti dialog yang disampaikan Surya Tjandra, Bacaleg PSI Dapil Malang Raya kepada warga Samaan, kota Malang tadi malam.

relawan bpjs malang

Problematika yang muncul dalam mengawal program BPJS disadarinya sebagai perjalanan sistem yang sedang mencari bentuk idealnya. Jika diamati, meningkatnya jumlah orang untuk memeriksakan kesehatannya atau pun rumah sakit yang seringkali tak mampu menampung jumlah pasien bisa dikategorikan sebagai titik awal meningkatnya kesadaran kesehatan di masyarakat. Permasalahanya adalah bagaimana kesadaran awal tersebut bisa dikembangkan lebih optimal?

Gagasan dibentuknya “Relawan BPJS” menjadi rasional. Relawan BPJS adalah anggota masyarakat yang terlibat aktif dalam kegiatan edukasi kesehatan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang betapa pentingnya arti kesehatan. Bahwa menyisihkan sebagian dana untuk disetorkan kepada BPJS itu memang penting. Namun jauh lebih penting lagi adalah bagaimana masyarakat bisa mengelola kehidupannya secara sehat sehingga terhindari dari hal hal yang tidak diinginkan.

Relawan BPJS tersebut menjadi rasional bahkan mendesak untuk dilakukan sehingga BPjS sebagai penguat program pemerintah yg saat ini masih dominan dipandang sebagai pengumpulan dana bisa mengarah pada pemberdayaan kesehatan yang lebih jelas dan cerdas. Advokasi kesehatan masyarakat akan muncul sebagai wajah lain dari program BPJS yang saat ini sedang berjalan. Hal ini juga dipahami sebagai prinsip gotong royong membangun masyarakat yang lebih sehat.

“Solidaritas seperti inilah yang sangat dibutuhkan untuk membawa kita semakin maju dan berkembang. Apa yang bisa kusumbangkan untuk negeriku dengan segala keterbatasanku tetap jauh baik daripada aku terus mengkritik tanpa berbuat,” tegas Surya di akhir kegiatan.

#suryatjandra
#NgalamBois
#PSInomor11

Leave a Reply