Refleksi Cinta Kebangsaan : AKSI SOLIDARITAS MALANG RAYA

30 Agustus 2018 balai kota Malang tampil berbeda. Umbul umbul nuansa merah putih semakin menyala ketika ratusan orang mulai dari anak-anak sd dewasa berpakaian nuansa merah putih berkerumun di depan balaikota.

Cinta kebangsaan, demikian title kegiatan dalam rangka merefleksikan hari kebangkitan nasional sekaligus peringatan HUT RI ke 73. Berbagai pesan perdamaian disampaikan dalam acara ini. Nuansa khas Malang yang selalu spontan dalam menyuarakan pesan pesan bernada membangun perdamaian.

Pilpres 2019 pun dipandang sebagai bentuk ekspresi yang tidak perlu melahirkan pertentangan satu dengan yang lain. “Sebagai pilihan kita bisa berbeda, namun persatuan dan kedamaian perlu dijaga sebagai kultur kehidupan berbangsa” Ujar salah satu peserta aksi.

Radikalisme, ujaran kebencian, SARA, hoax, harus dilawan dengan kesejukan. Hoax, radikalisme hanya bisa dilawan dengan menyebarkan kebaikan, rasionalitas secara terus menerus dalam sebuah keteladanan yang intens dan kontinue. Visi Perdamaian jauh lebih penting dan utama dibandingkan setiap ujaran kebencian yang mengutamakan irasionalisitas.

Baca: Ratusan Warga Malang Sampaikan Pesan Perdamaian Jelang Pilpres

Semangat solidaritas yang dalam aksi ini menjadi teladan dan terus dikembangkan dalam suasana menyambut Pilpres dan Pileg 2019. Saya yakin rasionalitas dan niat baik menjadi persatuan jika dilakukan secara serius dan terus menerus akan sanggup menjawab ujaran kebencian dan hoax yang dikembangkan

Mari bersama kita bangun solidaritas cinta kebangsaan dalam setiap nafas dan langkah hidup kita.

#suryatjandra
#suryatjandracentre
#PSIno11
#ngalambois

Leave a Reply