PANCASILA antara SIMBOL dan KEBUTUHAN

posted in: #Spiritual | 0

Sebuah bangsa akan bisa bertahan jika konsensusnya tetap dipelihara dan disirami sesuai dengan perkembangan jaman. Demikian halnya dengan Pancasila, sebagai falsafah hidup bangsa dan pemersatu seluruh komponen penyusun bangsa ini, dia harus selalu disirami dan terus dihidupi. Dihidupi mengandung pengertian Pancasila adalah simbul dimana semua aktivitas bersumber dan sanggup mencerahkan seluruh komponen lingkaran pengaruh dimana aktivitas itu sendiri.

Baca: Sinopsis Film LIMA (2018)

LIMA adalah sebuah narasi baru tentang pentingnya Pancasila dari kaca mata generasi milenial. Jaman now diskusi, seminar dan sarasehan sudah menjadi metode yang menjenuhkan bagi generasi milenial. LOLA AMARIA production menjawab Pancasila sebagai kebutuhan dengan cara menghadirkan film LIMA. narasi baru yang diangkat berdasar kehidupan kehidupan keseharian ini diharapkan mewakili amalan nilai nilai Pancasila yang masih kurang kontektual karena sifatnya yang filosofis.

Terobosan ini juga mendidik setiap komponen bangsa bahwa Pancasila sebagai suatu kebutuhan perlu didekati secara praktis dalam aktivitas sederhana dalam kehidupan sehari hari. Bahwa Tuhan hadir dalam ekspresi yang berbeda-beda itu biasa; bahwa perbedaan ekspresi manusia semata mata ditujukan untuk semakin memanusiakan manusia, dengan adil dan beradab. Segala perpedaan tersebut terbingkai dalam persatuan konsensus NKRI. Musyawarah mufakat dijadikan model pengelolaaan ekspresi perbedaan semata mata untuk menciptakan keadilan sosial bagi seluruh penghuni NKRI.

Sebagai sebuah simbol, Pancasila harus hadir dan mewarnai kehidupan sehari hari. Pancasila diamalkan dalam perilaku setiap saat. Dimana Tuhan menjad pusat aktivitas; dengan cara manusia bertindak adil utk persatuan melalui musyawarah demi keadilan bersama. Pancasila harus hadir di jalan, di dalam rumah, di kantor, di sekolah..bahkan di taman bermain.

Jadikankah diri kita sebagai simbol kehadiran pancasila di mana kita berada..

Solidaritas PANCASILA

Leave a Reply