Mohon Doa Restu, Inilah IKTHIAR POLITIK Saya: SURYA TJANDRA

posted in: #Ngalambois, #Social, #Spiritual | 0

Hari ini (17/7) saya, Surya Tjandra, resmi menjadi bakal caleg Partai Solidaritas Indonesia dengan didaftarkan ke KPU pusat. Daerah pemilihan di mana saya ditugaskan dan saya pilih adalah Jatim 5 – Malang Raya.

Jatim 5 terdiri dari Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.

“Half of what I say is meaningless; but I say it so that the other half may reach you.” ~ Kahlil Gibran, Sand and Foam

Meski sempat mendapat tawaran dari beberapa partai politik, saya memilih PSI karena saya ingin terlibat melahirkan partai politik baru dan politisi-politisi yang sungguh-sungguh baru. Saya bosan dengan janji-janji manis partai politik lama dan politisi lama ini, dan memilih bekerja lebih sulit dan lebih keras melalui partai baru yang betul2 baru.

Pengurus PSI di seluruh Indonesia maksimal usianya 45 tahun, dan tidak pernah menjadi pengurus partai politik mana pun sebelumnya.

Bersama PSI saya ingin menjadi bagian perjuangan melahirkan anggota-anggota legislatif yang sungguh-sungguh akan membawa perubahan pada sistem politik kita, yang akan berjuang sepenuh hati membela rakyat yang diwakilinya, tidak korup, menjadi jembatan efektif rakyat dengan pelayanan publik, dan menjaga keutuhan negeri ini berasaskan Pancasila.

Politik bukan sekadar kuasa tapi harus sungguh-sungguh menjadi sarana kebaikan umum, keadilan bagi yang terpinggirkan, kesejahteraan bagi sebesar mungkin rakyat. UU yang bermanfaat dan mensejahterakam harus bisa dihasilkan dan diawasi pelaksanaannya.

Saya sudah memperjuangkan itu mulai sekarang juga sebagai caleg melalui Surya Tjandra Centre yang kami bentuk. Melalui kampanye #NgalamBois (Malang Bagus) kami mendukung berbagai inisiatif purwarupa sosial bersama berbagai komunitas di Malang Raya: seniman, difabel, budayawan, musikus, masyarakat adat, petani, kelompok religius, BUM Desa, perempuan kepala keluarga, dll.

Ini akan menjadi warisan sosial saya dan tim berikan bagi warga Malang Raya, yang akan terus berlanjut juga setelah pemilu 2019 nanti. Karena masyarakat memang membutuhkannya, mereka yang akan terus menjaganya dan merawatnya.

Dan nanti, kalau Tuhan dan masyarakat merestui, sebagai anggota legislatif saya ingin dana aspirasi setiap anggota DPR, yang konon sedikitnya Rp 2 milyar/tahun (di luar dana2 publik lain yang dapat diaksesnya), sungguh2 sampai kepada rakyat pemberi amanat, bukan masuk kantong saya dan anggota DPR lain secara pribadi seperti selama ini terjadi.

Caranya adalah dengan membuka semua proses dan pelolaan dana aspirasi tersebut secara transparan, melibatkan konstituen sendiri secara langsung. Saat ini PSI sedang membuat platform berbasis on-line khusus untuk hal ini, melalui aplikasi yang dapat diakses melalui ponsel, agar konstituen bisa aktif berkomunikasi dan memberi masukan bagi kami para wakilnya di DPR, secara terus menerus dan terbuka.

Kami yang kinerjanya buruk (sering bolos rapat dan sidang, korup, dll) bisa di-recall moleh konstituen karena setiap caleg PSI wajib menandatangani kontrak politik sebelumnya yang antara lain menyatakan bersedia digantikan kalau memang tidak berkinerja bagus atau melanggar hukum.

Semua ini hanya akan jadi mimpi kalau PSI tidak mampu mengatasi tantangan berat “parliamentary threshold” 4%. Rezim UU Pemilu hari ini memang menguntungkan partai lama dan memberi tantangan berat khususnya bagi partai baru. PSI harus mendapat 4% dari total suara sah pada pemilu 17 April 2019 nanti, atau sekitar 8-10 juta suara sah pada pemilu 2019 nanti baru kami bisa bekerja di DPR.

Kalau ini tidak bisa dicapai, maka suara yang diperoleh akan dilimpahkan pada partai pemenang pemilu, yang sudah sama2 kita tahu kinerjanya dan kelakuannya hari ini. Apakah akan sungguh2 ada perubahan kalau mereka2 lagi yang masuk DPR? Kalau melihat kapasitas dan kelakuan mereka yang ada hari ini di sana, terus terang saya tidak yakin.

Kita butuh kebaruan dan orang-orang baru dan segar bisa masuk ke Senayan!

Saya menghargai PSI yang sejak awal berdiri memilih menjadi unsur pengganggu (“disruptive element”) dalam sistem perpolitikan kita, mulai dari proses rekrutmen bacaleg yang terbuka, secara terbuka melawan korupsi dan politik intoleransi, dll. Yang seringkali mengganggu kenyamanan mereka yang biasa korup dan tidak serius melaksanakan tugasnya sebagai wakil rakyat.

Kalau nanti rakyat merestui PSI bisa masuk DPR, kami akan terus melakukan itu. Kami memang disiapkan untuk itu. Kami akan menjadi “unsur pengganggu” yang secara kreatif terus mengganggu dan menggoyang sistem yang sudah karatan itu agar rontok kotoran2 dan karat2nya, sehingga kualitas dan integritas anngota DPR yang sama-sama kita butuhkan bisa mulai sungguh-sungguh menjelma.

PSI tidak harus menang pemilu secara luar biasa, tetapi cukup meraih ambang batas parlemen tadi. Nanti akan kami buktikan semua yang dijanjikan itu. Kami akan menjadi “minoritas yang kreatif” (“creative minority”) di sistem yang anti-kreasi ini. Saya akan berjuang sekuat tenaga menjaga itu.

Untuk itulah, melalui surat ini saya secara terbuka memohon dukungan kawan-kawan semua yang terpanggil, untuk berkenan:

  • tidak golput pada pemilu 17 April 2019 nanti, upayakan hadir dan berpartisipasi pada pemilu;
  • kalau anda tinggal di Malang Raya: pilih saya atau kawan caleg PSI lain di Malang Raya;
  • kalau anda tinggal di daerah lain: pilih siapa pun caleg PSI yang anda rasa pas di dapil anda.

Izinkan saya dan PSI membuktikan apa yang saya sampaikan ini. Beri saya kesempatan menyampaikan secara terbuka seluruh laporan keuangan, kunjungan kerja, pelaksanaan tugas pembuatan UU dan pengawasan eksekutif, yang sejatinya menjadi tugas DPR tapi dilalaikan karena yang ada hari ini lebih asik “main politik” daripada “kerja politik”.

Anda membutuhkan, saya membutuhkan, kita semua membutuhkan kebaruan di DPR. Dan setiap anda dan kita punya kesempatan mulai mewujudkan harapan itu, mulailah kalau berkenan dengan membagikan janji politik saya ini, mengawal proses saya dan PSI hingga pemilu tahun depan, dan pada waktunya berpartisipasi aktif melalui pemilu 17 April 2019!

Terima kasih. Matur Sembah Nuwun. Semoga Allah beserta kita semua!

 

Hormat saya,
Dr. Surya Tjandra, S.H., LL.M.
Bacaleg PSI Dapil Jatim 5 Malang Raya

 

Alamat: Surya Tjandra Centre
Jalan Simpang Flamboyan No. 23
Lowokwaru, Malang 65141, Jawa Timur
Facebook: Surya Tjandra
Twitter: @surtjan
Website: www.suryatjandra.id

 

#SuryaTjandra #PSInomor11
#MalangRaya #NgalamBois

Leave a Reply