Kota Malang DARURAT AIR bersih

posted in: #Ecology | 0

Topografi kota Malang yang berbentuk seperti cawan memiliki keuntungan sebagai penampung air dari berbagai mata air yang berada di wilayah sekitarnya. Dikelilingi pengungan sekaligus Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, gunung Kawi dan Gunung Arjuno, Welirang dan Anjesmoro, serta gunung Panderman di kota Batu membuat Malang memiliki peruntungan limpahan sumber air bersih.

Situasi berubah ketika pengelo!aan sumber air yang berada sebagian besar di wilayah kota Batu dan Kabupaten Malang tidak dilakukan secara optimal. Semakin terbukanya daerah sumber menjadi lahan pertanian, obyek pariwisata membawa akibat perubahan sosiologi masyarakat. Budaya Uri Uri Budaya Jawa melalui ritual Sembah Sumber menjadi jarang terkikis perlahan. Yg membawa akibat tidak terpeliharanya sumber sumber air tersebut.

Baca: 20 Tahun Lagi Malang Krisis Air Bersih? 

Kota Malang sebagai salah satu konsumen air terbesar dari sumber sumber tersebut perlu memikirkan langkah strategis untuk menjawab problematika tersebut. Tawaran pembangunan wisata edukasi berwawasan ekologis perlu disumbangkan kepada Kota Batu dan Kabupaten Malang untuk mengembalikan dan memperkuat ketahanan sumber sumber air tersebut. Langkah ini adalah wujud solidaritas nyata dari kota Malang kepada Kabupaten dan Kota Batu yang untuk membangun Malang Raya di tahun tahun mendatang.

Stc_ngalambois

Leave a Reply