Kelompok Tani BINA USAHA SUKSES cangkruk mengupas potensi CENGKEH

posted in: #Ecology, #Ngalambois, #Social | 0

29 Agustus 2018, siang itu cuaca cerah. Selepas keluar Bandara, langsung menuju Sumber Manjing Wetan. Salah satu lokasi pembelajaranku bersama masyarakat.

Culture desa yang hangat, senyum anggota kelompok tani padaku pun menepis lelah fisik karena penerbangan Jakarta-Malang. Keakrabanpun terbangun cepat.

Problem pedesaan wilayah kabupaten Malang tetaplah sama. Belum optimalnya pengolahan potensi lokal. Yang menarik di desa ini adalah tanaman Cengkeh. Cengkeh adalah salah satu komiditas desa Sumber Manjing Wetan yang belum tergarap secara optiimal karena keterbatasan teknologi, kapasitas SDM.

Dialog hari ini memang belum bisa menemukan terobosan terobosan yang bisa langsung dieksekusi. Namun ada hal penting dan potensial ketika kelompok tani tersebut menunjukkan pengolahan minyak cengkeh sederhana ala mereka. Suatu semangat yang layak diapresiasi, dalam keterbatasan mampu memproduksi suatu produk yang berguna.

Peranan minyak cengkeh dalam dunia kesehatan menurut saya adalah investasi yang potensial. Gaya hidup “dokter minded” yang akrab di perkotaan menjadi sasaran edukasi dengan memperkenalkan sekaligus mendistribusikan produk produk herbal utk menuju gaya hidup sehat.

Baca: Manfaat Dan Penggunaan Minyak Cengkeh

#suryatjandra
#suryatjandracentre
#PSIno11
#ngalambois

Leave a Reply