KAMPUNG TOPENG merubah sosiologis masyarakat

posted in: #Cultural, #Ngalambois, #Social | 0

Malang tidak berhenti berinovasi untuk sektor pariwisata. Pendekatan kampung tematik yang dikembangkan lambat laun berhasil dilakukan dan menjawab kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Salah satu tempat yang dikenal dengan nama Kampung Topeng. Lokasinya terletak di Tlogowaru Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Penduduk di Kampung ini mayoritas dulunya pengamen, pengemis, dan orang2 tuna wisma.

Keberadaan kampung topeng tidak lepas dari bu Suhartik selaku fasilitator lapangan sekaligus relawan Surya Tjandra. Nama kampung topeng terinspirasi dari kemampuan beberapa orang yg dapat membuat topeng. Kampung ini cukup menarik untuk dijadikan destinasi wisata alam karena letaknya di dataran tinggi.

Lihat Galeri: Membangun SOLIDARITAS di KAMPUNG TOPENG Malang

Surya Tjandra sangat mengapesiasi inisiatif warga untuk mengembangkan kampung tematik di wilayah Malang Raya. Potensi kampung ini sudah sangat bagus dan hanya butuh sentuhan kecil utk berkembang pesat, menurut surya. “Permasalahan Kampung hanya tinggal promosi. Bagaimana promosi tersebut dikemas secara menarik!” ujar Surya ketika berdialog dengan komunitas Kampung Topeng, 2 Juni 2018.

Simak Video: Blusukan ke KAMPUNG TOPENG Tlogowaru Malang

Aktifitas Surya Tjandra selama di Kampung Topeng tidak hanya berdialog saja. Kesempatan itu juga dimanfaatkan untuk blusukan menikmati sekaligus memikirkan bentuk konsep marketing yang sesuai. Sensing, itulah ciri Surya Tjandra. Tidak hanya bertemu dengan warga semata tetapi juga berjalan mengelilingi kampung guna meninjau alam kampung topeng yg asri dan melihat hasil karya warga yg dijual sebagai bagian perputaran ekonomi Kampung Topeng.

Leave a Reply