Inspirasi POLITIK SEHAT justru berasal dari desa dan PEREMPUAN

posted in: #Cultural, #Ngalambois, #Social | 0

Politik transaksional ataupun money politik boleh jadi memang menjadi wajah dunia politik sampai sekarang. Janji politik dan amplop sering kali menjadi model kampanye seorang caleg disemua tingkatan, baik kota/Kabupaten, Provinsi bahkan pusat. Berapa besar anggaran yg disiapkan seorang untuk maju sebagai calon Legislator masih diyakini sebagai faktor kunci dan utama dalam memenangkan kontestasi.

Lain dengan di walayah Batu yang memiliki SEKOLAH PEREMPUAN DESA. Sebuah sekolah khusus pemberdayaan perempuan desa untuk membuka pengetahuan politik masyarakat. SALMA SAFITRI, penggagas sekolah PEREMPUAN DESA mengungkapkan “dari dulu sampai sekarang kita selalu dibodohi denan money politic. Nilainya tidak lebih dari 50 rb perak! Sekarang sudah bukan jamannya situasi tersebut berulang! kaum perempuan harus paham terhadap politik!” Serunya sambutannya saat pembukaan Sekolah Perempuan Desa Sumberejo, Kota Batu, hari Minggu tanggal 29 Juli 2018.

Gagasan ini melatarbelakang gerakan perempuan untuk keadilan, kesetaraan dan kesejahteraan terbilang cukup berani sekaligus inspiratif karena lahir melawan dominan politik masyarakat yang masih dominan transaksional. “Saya akan menyediakan waktu untuk hadir sebagai narasumber Sekolah Perempuan Desa karena saya mengapresiasi kegiatan tersebut.” Respon Surya Tjandra atas undangan sebagai narasumber kegiatan SPD yang akan diselenggarakan di Dusun Kandangan, Desa Sumberejo, Kota Batu.

Surya Tjandra mengapresiasi dan salut pada perjuangan mbak Salma Safitri dkk. Dalam situasi masyarakat yang apatis terhadap politik masih ada orang orang berkemauan baik dan mau bekerja keras untuk melahirkan politik sehat. Politik yang bermanfaat untuk masyarakat. Ini potret masa depan yang tengah menjadi.

#suryatjandra
#suryatjandracentre
#PSIno11
#ngalambois

Leave a Reply