INDUSTRI KREATIF menuju kampung TKI Kalipare, Kabupaten Malang

posted in: #Ngalambois, #Social | 0

Desa tumpakrejo, Kecamatan Kalipare adalah salah satu penyedia TKI besar di wilayah Kabupaten Malang. Kenyataan ini saya dapat ketika sensing ke wilayah tersebut. Banyaknya warga masyarakat yang memutuskan menjadi TKI salah satu penyebab utamanya adalah minimnya lapangan pekerjaan. Masyarakat dihadapkan pada pilihan bertahan sulit membangun ekonomi atau pergi dengan jaminan ekonomi yang lebih jelas.

Maraknya masyarakat yang memutuskan jadi TKI salah satu akar masalahnya adalah tidak berkembangannya kearifan lokal. Hal ini disebabkan sistem sosial ekonomi yang dibangun tidak berjalan optimal. Industri kecil dan menengah berlabel kreatif dan produktif tidak tergarap, sehingga terjadi stagnasi ekonomi. Tidak mudah membangun ekonomi di masyarakat. Namun bukan berarti kita menyerah dengan keadaan dan membiarkan masyarakat terus mengalami kebingunggan dan akhirnya memilih menjadi TKI.

Gagasan era digital yang sedang saya kembangkan melalui Surya Tjandra Centre (STC) dengan menciptakan ekonomi produksi dan kreatif dengan basic digital marketing bisa menjadi jalan masuk dan menemukan solusi cerdas untuk masyarakat dalam membangun ekonomi masyarakat.

Galeri lengkap: Pengembangan industri kreatif bersama TKI Kalipare, Kabupaten Malang

Kami ingin ikut berpartisipasi dan masyarakat harus berani terbuka atas peluang potensi lokalnya. Bekerja keras terus menjadi spirit bersama untuk mewujudkan harapan kita semua. Kami yakin menjadi TKI bukanlah pilihan terbaik! Namun menciptakan industri berbasis kearifan lokal menjadi mendesak dan perlu segera dimulai.

Untuk itulah kami mencoba hadir melalui dunia wirausaha pengembangan dan budidaya cacing. Mas Adam dan Pak Iksan menjadi fasilitator yang akan mendampingi warga dalam mengembangkan sektor ekonomi warga. Tentu bukan ini saja yg kami persiapkan. Kami akan mencoba memetakan peluang peluang lain yg mungkin dikembangkan.

#suryatjandra
#suryatjandracentre
#PSInomor11
#ngalambois

Leave a Reply