GENDANG PURNAMA GANESHA (menebar mimpi jagad seni tradisional Malangan)

posted in: #Cultural, #Ngalambois | 0

Sabtu malam, 21 Juli 2018 kami silahturahmi dengan warga Karangkates, Kab Malang. Sedikit kaget ketika tanpa dinyana iringan musik dan beberapa ibu ibu menampilkan tarian yang tidak pernah saya kenal. Kontan saja saya langsung menanyakan kepada bu Suprapti, sahabat saya, tentang tarian tersebut.

“Musik patrol.” Jawab Suprapti kepada saya. Saya lihat gerakan yang begitu lepas dari ibu ibu tersebut. “Tarian patrol dari nona nona jaman Old” begitu Suprapti membahasakan. Informasi adalah salah satu upaya membangkitkan gairah berkesenian yang terelaborasi bersama Gendang Purnama Ganesha, sebuah kelompok jaranan yang menjadi ikon warga Karangkates.

Semenjak saya terlibat komunikasi dengan warga Karangkates, saya melihat antusiasme yang tinggi masyarakat atas budaya kesenian. Sayang jika ha ini tidak direspon positif. Saya sendiri menyadari keterbatasan saya yang relatif buta pada dunian kesenian. Tapi saya tetap menaruh atensi pada kemampuan dan semangat mereka untuk mengembangkan budaya kesenian Karangkates. STC akan membantu mewujudkan mimpi mereka.

Sendratari Suryatjandra Nusantara saat ini sedang didisain sebagai karya orisinalitas kelompok Gendang Purnama Ganesha. Saya tentu banga sekali atas apresiasi teman teman..

Saya akan terus mendukung upaya kampung wisata budaya yang sedang mereka bangun…

Mimpi mereka adalah mimpi saya, masa depan mereka adlah masa depan saya..biarlah mimpi tsb datang menyemai semangat perjuangan kami

#suryatjandra
#suryatjandracentre
#PSIno11
#ngalambois

Leave a Reply