DEKLARASI Kali Bersih Menuju Karangkates Bebas Sampah 2020

posted in: #Ecology, #Ngalambois | 0

Deklarasi Kali Bersih Menuju Karangkates Bebas Sampah 2020 adalah sebuah kegiatan ekologis yang diprakarsai oleh
Pemdes Karangkates Bersama KPK (Komunitas Pecinta Kali). Kegiatan ini didukung oleh UPT Dinas Pengairan, Koramil Sumberpucung, Polsek Sumberpucung, Kecamatan Sumberpucung, Lembaga Desa, Kelompok Tani, melaksanakan Giat Kerja Bhakti Kali Bersih, membersihkan Sungai Irigasi dari sampah.

28 April 2018 lalu saya menghadiri acara mancingmania di sebuah kali anak sungai Berantas, desa Karangkates, kecamatan Sumberpucung, kabupaten Malang. Tema yang diambil “Resik Kaline, Slamet Bumine”.

Ini adalah puncak acara tiga hari mulai dari bersih2 kali, secara gotong royong, ditutup mancing untuk hiburan warga. Saban bulan dilaksanakan, dan sudah dua tahun diwujudkan.

Adalah KPK, Komunitas Pecinta Kali, sebuah inisiatif warga yang menginisiasinya. Kumpulan anak muda perangkat desa, guru, pegawai swasta, dll, mengajak kepedulian warga untuk menjaga kebersihan kali mereka.

“Apa sampah terbanyak yang ditemukan mas?” tanya saya kepada mas Aris, guru yang aktivis KPK. “Nuwun sewu mas.. kebanyakan justeru sampah dari perempuan..,” jelasnya agak sungkan.

“Maksudnya?” tanya saya kurang paham. “Pembalut mas.. dari yang untuk perempuan, juga anak2,” jelasnya. “Wow.. saya baru ngeh kalau itu bisa jadi masalah ya?” ujar saya. “Lalu apa yang bisa dilakukan untuk itu mas?

“Ya itu termasuk residu, yang tidak bisa dihancurkan jadi kami hanya mengirimnya ke TPA, dan di sana hanya ditimbun di dalam tanah,” jelasnya lagi, “Masalahnya di sini ada mitos kalau barang seperti itu tidak boleh dibakar, pamali katanya, jadi sering dibuang di kali.”

Lihat Galeri: RESIK Kaline SLAMET Bumine

Saya langsung terdiam. Membayangkan berapa banyak residu dihasilkan dari barang yang sudah menjadi seperti kebutuhan harian itu. Dan betapa istimewa inisiatif warga Karangkates ini, bukan dengan mengeluh tetapi berpeluh untuk mulai melakukan sesuatu.

Belakangan saya diajak ikut menandatangani spanduk deklarasi kali bersih yang dibuat KPK. Ini semacam janji publik saya untuk peduli pada tantangan besar ini.

Menundukkan kepala, karena sadar bahwa saya juga bagian dari masyarakat manusia, yang hanya bisa bertahan di bumi ini dengan mengubah alam, menjadi sampah.

#NgalamBois #cintakali #resikaline #bersihbumine

Leave a Reply