COBAN PANDAWA Potensi Wisata Alam Terbaru Malang Raya

posted in: #Cultural, #Ecology, #Ngalambois | 0

MALANG – Tidak ada habisnya mengagumi keindahan alam di Malang Raya. Potensi wisata alam seperti air terjun di Malang sangat beragam dan dapat dikembangkan lebih besar jika diperhatikan lebih dalam. Hal ini yang dipikirkan politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Surya Tjandra.

Belum lama ini, ia mengunjungi objek wisata air terjun Pandawa di Desa Sukodono, Dampit. Tidak hanya kagum dengan Coban Pandawa yang begitu indah, ia pun dibuat terkesima oleh masyarakat yang ada di sana dengan sugugan tradisi dan budayanya. Tari Sakerah dipersembahkan warga setempat saat ia berkunjung.

“Saya terharu dengan sambutan hangat warga Desa Sukodono,” ungkapnya. Pada kesempatan itu, Surya, panggilan akrabnya juga didaulat meresmikan Coban Pandawa dengan ditandai pemotongan tali yang disaksikan pengelola coban, perangkat desa, dan warga Sukodono.

Potensi wisata alam ditambah budaya warga menjadi suguhan utama di Coban Pandawa. Saat berbincang dengan warga, doktor ilmu hukum lulusan Universitas Leiden, Belanda ini meminta agar keistimewaan yang dimiliki Desa Sukodono berupa keindahan alam dan keramahan warganya tetap dipertahankan.

“Di sini juga perlu didorong infrastruktur penunjangnya. Bisa segera dibangun agar dapat meningkatkan kesejahteraan bagi warga Desa Sukodono yang umumnya petani ini,” terang Surya. Sementara itu Ketua Pengurus Coban Pandawa, Juki, merasa senang dengan kunjungan Surya Tjandra.

Menurutnya kunjungan Surya memompa semangatnya dan pengurus lainnya untuk terus mengelola Coban Pandawa. Juki mengaku sejauh ini Coban Pandawa dikelola secara swadaya. Jalan menuju Cabon Pandawa dibangun warga Desa Sukodono bersama-sama dan berasal dari iuran warga.

Fasilitas pendukung seperti loket dan musala belum tersedia. Toilet sangat sederhana. “Saya berharap Coban Pandawa dikenal lebih luas lagi dan pengelolaannya mendapat perhatian pemerintah dan pihak terkait,” kata Juki.

Coban Pandawa bukan objek wisata air terjun biasa. Coban Pandawa memiliki lima air terjun dengan ketinggian berbeda. Mulai dari yang terendah sampai yang tertinggi. Air yang sejuk dan udara yang segar membuat Coban Pandawa layak dikunjungi. Ditambah panoramanya yang indah. (ica/mar/adv)

Leave a Reply