CARA PSI PAGARI KADERNYA di DPR agar tidak melanggar hukum

posted in: #Cultural | 0

Di postingan kemarin, saya bilang bahwa saya senang bisa hadir di acara Kopi darat (Kopdar) Caleg DPR RI PSI (Partai Solidaritas Indonesia) di Balai Sarbini, Jakarta, pada Senin (20/8).

Saya serius menyatakan hal tersebut. Ada beberapa hal yang membuat saya senang.

Pertama, saya bertemu dengan para caleg PSI DPR RI dari berbagai daerah yang punya semangat yang sama. Kami sama-sama bersemangat menegakkan prinsip anti korupsi, anti-intoleransi, serta optimistis dalam memandang Indonesia, apapun rintangannya.

Kedua, dan ini yang paling penting, saya melihat pengurus pusat PSI serius berupaya membuat PSI tampak berbeda dari partai-partai politik lama.

Sumber Foto: Tribun News

Salah satu kelemahan partai lama adalah mereka cenderung permisif kepada kader mereka yang duduk di kursi DPR yang diketahui tidak menjalankan perannya dalam hal legislasi, anggaran, dan pengawasan.

Yang kerap terdengar, kader partai politik lama yang menjadi anggota DPR justru sering bolos dari rapat-rapat penting, suka ke luar negeri dengan dalih studi banding, malas menemui pemilih di dapilnya, dan seterusnya. Inilah yang membuat masyarakat tidak percaya lagi ke partai politik dan anggota DPR.

PSI ingin menghentikan permasalahan itu.

Baca: Terikat Kontrak, Ratusan Caleg PSI Tak Bisa Bolos Sidang Parlemen Jika Terpilih

Salah satu caranya adalah para caleg PSI DPR RI wajib menandatangani surat perjanjian yang punya konsekuensi hukum.

Pengurus pusat PSI tidak akan segan-segan memberhentikan anggota DPR RI dari PSI bila melakukan sejumlah tindakan, seperti berkinerja buruk, bolos beberapa kali di rapat-rapat penting DPR, serta melakukan pelanggaran hukum, seperti menggunakan narkoba; melakukan kekerasan dalam rumah tangga; penganiayaan; korupsi; dan terorisme.

Memang ini bukan hal yang baru di Indonesia. Sebelumnya pernah ada partai politik yang melakukan hal yang sama.

Tapi surat pernyataan ini tetap penting. Surat pernyataan ini bisa menjadi pagar bagi saya dan caleg PSI lainnya agar berpikir berkali-kali jika terbersit melanggar poin-poin dalam surat pernyataan itu ketika sudah masuk Senayan.

Lebih dari itu, saya percaya pengurus pusat PSI bisa bertindak tegas kepada anggota DPR PSI yang nakal.

#SuryaTjandra #BersihBersihDPR #PSInomor11 #ME11ANG #NgalamBois

Leave a Reply