12 DCT BERSTATUS TERSANGKA: Wajah Calon Anggota DPRD Kota Malang

posted in: #Social | 0

Ada 12 orang dari 7 partai politik yang ditetapkan oleh KPU sebagai caleg dalam DCT pileg DPRD kota Malang 2019 ternyata berstatus tersangka. Sebuah anomali berpikir atau memang jaman sudah tidak mengindahkan rambu-rambu etis dan moralitas?

Setelah Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang 2018 tersandera dengan 2 kontestannya menjadi tahanan KPK, kini 12 orang caleg di kontestasi politik 2019 menunjukkan hal serupa.

Alasannya tetap sama, bahwa sebelum ada status hukum yang bersifat in kracht, semua orang diperbolehkan mencalonkan diri entah sebagai cawali atau anggota legislatif.

Entah apa yang sedang terjadi. Berlindung di balik aturan hukum memang rasional. Dan siapapun bisa melakukannya. Apakah yang rasional tadi sudah benar dan pantas dijadikan landasan bertindak? Pertanyaan saya adalah ke mana adat ketimuran yang selama ini kita banggakan. Lantas ke mana norma etika dan moral yang selama ini kita yakini?

Saya tidak ingin atau mau menyalahkan orang yang mencalonkan diri sebagai caleg. Saya melihat kita semua belum serius menangani dan memerangi korupsi. SKCK pun sebagai kontrol kejahatan tidak mampu menjawab bahwa korupsi sebagai “extraordinary crime.”

Baca: 12 Caleg Status Tersangka Masuk DCT Pileg 2019 Kota Malang

Lucu sekaligus tragis! Namun mau gimana lagi. Sebagai warga negara yang turut serta dalam percaturan pileg 2019 saya hanya bisa memaksa diri saya sendiri untuk berusaha benar. Meski, saya pun bisa saja salah dan terjerumus.

Ada bahaya laten yang saya amati, bahwa semua orang, tidak terkecuali saya! Mungkin menunggu moment untuk mengulangi hal dan kesalahan yang sama. korupsi!

Kesadaran saya saat ini mengingatkan saya untuk selalu waspada. Mengatakan koruptor adalah penjahat membuat saya tidak lebih baik dari mereka! Saya akan mengupayakan dalam masa kampanye resmi saya, mengobarkan semangat yang sehat, solider dan memberdayakan masyarakat.

Saya yakin korupsi hanya bisa dilawan dengan solidaritas. Saya, kita semua berpotensi mengalahkan korupsi selama kita mau dan membangun sinergi dengan berbagai komponen masyarakat dengan tidak melakukan politik uang.

#suryatjandra
#suryatjandracentre
#PSIno11
#ngalambois

Leave a Reply